Uncategorized

Agar Anak Rajin Sikat Gigi

Assalamualaikum bunda… Gimana kabar anak-anak? Mudah-mudahan sehat dan bahagia selalu yaa.. Aamiin

Malam ini saya mau sharing mengenai kebiasaan baik anak saya Nusaibah yang kini usianya hampir 2 tahun. Alhamdulillah gigi seri dan depannya udah tumbuh semua dan gerahamnya pun nyaris keluar semua.

Yang buat saya bahagia, Alhamdulillah hingga kini gigi Nusaibah masih utuh, bagus dan bersih. Hal ini disebabkan Nusaibah tidak banyak makan jajanan, terutama coklat dan permen. Bahkan kenal permen itu baru beberapa bulan terkahir dan bisa dihitung jari deh dia berapa kali makan permen.

Kok bisa? Hehe iya bunda, rumah saya jauh dari kedai. Dan hal inilah yang membuat saya sangat bersyukur. Bagaimana tidak, teman-teman seusianya sudah banyak yang ompong dan busuk giginya karena makan makanan yang rentan merusak gigi.

Selain itu, Alhamdulillah Nusaibah rajin sikat gigi bun. Dia gak pandang bulu, setiap nampak saya sikat gigi, dia langsung minta sikat gigi juga. 😅

Nah, bunda mau tau apa aja tipsnya? Ini nih saya bagikan:

  1. Jaga makanan anak. InsyaAllah bisa kok bun ngelarang anak jajan. Jangan mau kalah sama anak. Cari cara yang baik dan benar agar mudah bernegoisasi dengan anak.
  2. Berikan contoh yang baik. Dalam Islam, kita dianjurkan menyikat gigi sebelum berwudhu. Nah, anak saya tu selalu saya libatkan di setiap aktifitas saya, termasuk didalam kamar mandi. Jadi dia selalu melihat saya sikat gigi, sehingga Nusaibah mau ikutan menyikat giginya.
  3. Ajari anak dengan metode yang menarik. Saya selalu memberikan kesan yang menyenangkan setiap mengajarkan Nusaibah sikat gigi. Apakah melalui media lagu anak, hingga bermain sambil belajar menggunakan sikat gigi dengan benar.
  4. Ciptakan suasana mandi yang menyenangkan. Beberapa kali saya mengizinkan Nusaibah untuk mandi didalam bak mandi baby. Kebetukan bak nya besar, sehingga masih muat untuk anak 2 tahun. Da ketika didalam bak, ia mandi sendiri, pakai sampo sendiri hingga sikat gigi sendiri. Alhamdulillah dia selalu senang melakukan hal ini.
  5. Sabar dan konsisten. Memang gak mudah bun hingga tahap ini. Dulunya Nusaibah juga gak mau disikat giginya, tapi lama kelamaan ia pun tertarik dengan segala metode yang saya gunakan. 😅

Alhamdulillah, atas izin Allah, Nusaibah selalu menyikat giginya ketika nampak sokat gigi, bahkan ketika tidak sedang mandi.

2 Comments

  • Yeni Rahmadhani Purba

    Kak jannah, yang awak suka itu. Setelah membaca tulisan ini, bahwa rumah jauh dari kede itu berpengaruh besar ya. Hehe

    Tips terakhir itu yang harua hard work, “Konsisten” 😅😅😅

    Semangat buat kak ya 👍👍💪💪💪

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *