• Parenting

    Agar Anak Tak Mudah Sakit

    Assalamualaikum bunda… Gimana kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya bunda, biar tetap setrong ngurusin anak-anak. Apalagi anak-anak kalau lagi sakit ya bun, aduh rasanya seisi rumah ikut ngerasa sakit. Gak konsentrasi mau ngurus kerjaan maupun tugas-tugas rumah. Alhamdulillah Nusaibah dan Rufaidah, kedua saya Allah kasih daya imun yang kuat, sehingga mereka tak gampang sakit. Nah, untuk itu saya punya beberapa tips nih untuk kita semua, semoga bermanfaat. Doakan anak. Mendoakan anak agar selalu sehat adalah kunci utama anak biar gak gampang sakit. Sebab kita tau, Allah lah Sang Maha Penyembuh. Berikan anak ASI hingga 2 tahun. Asi ekslusif selama 6 bulan, kemudian makanan pendampingnya setelah 6 bulan. Berikan anak…

  • Uncategorized

    Agar Anak Rajin Sikat Gigi

    Assalamualaikum bunda… Gimana kabar anak-anak? Mudah-mudahan sehat dan bahagia selalu yaa.. Aamiin Malam ini saya mau sharing mengenai kebiasaan baik anak saya Nusaibah yang kini usianya hampir 2 tahun. Alhamdulillah gigi seri dan depannya udah tumbuh semua dan gerahamnya pun nyaris keluar semua. Yang buat saya bahagia, Alhamdulillah hingga kini gigi Nusaibah masih utuh, bagus dan bersih. Hal ini disebabkan Nusaibah tidak banyak makan jajanan, terutama coklat dan permen. Bahkan kenal permen itu baru beberapa bulan terkahir dan bisa dihitung jari deh dia berapa kali makan permen. Kok bisa? Hehe iya bunda, rumah saya jauh dari kedai. Dan hal inilah yang membuat saya sangat bersyukur. Bagaimana tidak, teman-teman seusianya sudah…

  • Maternity

    Minum Minyak Zaitun untuk Lahiran Gangsar

    Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sangat kaya dengan nutrisi. Kandungan nutrisi tersebut meliputi lemak ( omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh), vitamin E, vitamin K, vitamin B, phenolic atau zat besi, dan protein. Wow, cukup banyak kan kandungan didalamnya. Hal inilah mengapa minyak zaitun itu sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan khusunya ibu yang akan melahirkan. Selain kandungannya baik, minyak zaitun juga membantu melemaskan sendi-sendi anda saat proses persalinan. Dengan sendi yang lemas maka proses persalinan akan menjadi lebih mudah. Minyak zaitun juga memudahkan tubuh kita untuk menstimulasi aliran darah yang menuju ke perinium sehingga membantu mempersepat proses penyembuhan setelah melahirkan, membantu peregangan kulit…

  • Serba-Serbi

    MHS, P3K yang Wajib ada di Rumah

    Assalamualaikum semua. Biasanya kita masing-masing punya obat herbal andalan kan di rumah, termasuk saya. Kali ini saya mau sharing mengenai kebutuhan obat herbal yang selalu ada di rumah kami. Minyak Herba Sinergi. Minyak Herba Sinergi ini adalah produk HNI HPAI. Dulunya minyak ini lebih dikenal dengan minyak butbut. Awal kenal minyak ini sewaktu saya masih gadis. Lupa tepatnya tahun berapa, namun pastinya saya kenal minyak ini karena kakak saya yang selalu menggunakan minyak ini sebagai obat segala penyakit. Terutama jika anaknya demam. Kini, hal itu pun berlaku di keluarga kecil saya, terutama Nusaibah, anak pertama saya yang berusia 23 bulan. Setiap ada keluhan, yang dicari duluan itu MHS. Gatal digigit…

  • Parenting

    Agar bahagia, Manusia Butuhkan 8 Kali Pelukan dalam Sehari

    Tahukah anda bahwa kebahagiaan itu bisa diciptakan? Ya,  ada 4 hormon kebahagiaan didalam tubuh manusia yang jika dilakukan, hormon tersebut akan keluar. Salah satunya adalah hormon Oksitosin. Oksitosin adalah hormon yang dipercaya berperan penting dalam tingkah laku manusia. Hormon yang lebih dikenal dengan hormon cinta ini berada dalam hipotolamus pada otak. Dikutip dari situs Alodokter.com, hormon tersebut dikeluarkan oleh kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak. Dampak oksitosin pada tingkah laku dan respon emosi juga terlihat dalam membangun ketenangan, kepercayaan, dan stabilitas psikologi. Oksitosin juga dianggap sebagai obat ajaib yang daoat membantu meningkatkan perasaan positif serta kecakapan sosial. Cara supaya hormon oksitosin dapat meningkat adalah melakukan kegiatan berpelukan, karena oksitosin…

  • Parenting

    Agar ASI tetap lancar

    Assalamualaikum.. Hai bunda para #pejuangASI, semoga tetap semangat ya dalam mengASIhi. Cerita tentang ASI, gak ada habisnya ya bun. Jika kita tahu betapa baiknya manfaat ASI untuk anak, segala cara kita lakukan agar asi tetap lancar tanpa macet. Karena pada prakteknya, masih banyak ibu-ibu yang menyepelekan manfaat ASI untuk tumbuh kembang anak. Bahkan saya dengar langsung dari beberapa teman, bahwa ia tidak memberikan ASI pada anaknya karena ASI nya tidak keluar. Alhamdulillah, bebeapa kali saya berkesempatan diskusi dengan beberpa bidan mengenai tidak keluarnya ASI. Dan mereka mengatakan bahwa TIDAK ADA ASI YANG TIDAK BISA KELUAR. Mereka mengatakan bahwa ASI itu pasti akan keluar, karena semakin dihisap anak, maka akan semakin…