Blog Competition

Cara Mendapatkan Uang dengan Hal yang Menyenangkan

Suatu hal yang wajar ya kalau kita bekerja untuk seseorang/perusahaan lalu kita dibayar, tapi pernahkah kita berpikir kalau kita melakukan sesuatu yang kita senangi dan kita kuasai lalu kita dibayar. Tentunya hal yang menyenangkan ya, ketika bakat, kreatifitas, ataupun hobi kita bisa menghasilkan uang . Kamu sudah mengalaminya? atau belum terpikir bisa seperti itu?

Saya mulai aktif menulis sejak tahun 2010 ketika saya bergabung sebagai reporter di LPM Dinamika UIN Sumatera Utara. Setelah tamat kuliah di tahun 2014, saya memutuskan untuk menjadi seorang bloggerpreneur (blogger and entrepreneur). Menikah dan bekerja tidak menyurutkan kesenangan saya sebagai seorang blogger dan entrepreneur. Alhamdulillah, selain mempunyai bisnis fashion online, saat ini saya tengah menikmati indahnya menjadi ibu dari dua orang anak sembari menceritakan pengalaman yang saya rasakan kedalam ke blog pribadi saya. Ya, saya seorang ibu yang hobi nge-blog, atau yang sering kita sebut sebagai mom blogger. 

Awalnya tidak ada materi yang saya dapatkan, karena uang bukanlah tujuan saya. Ada kepuasan tersendiri yang saya rasakan ketika menyelesaikan satu tulisan dan tulisan tersebut dibaca, di share dan bermanfaat bagi banyak orang. Namun kini tulisan-tulisan saya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Memang pengalaman saya ini belumlah seberapa dibandingkan oranglain yang telah mendapatkan miliyaran rupiah dari hobinya. Namun hal yang pasti adalah saya melakukan hal yang menyenangkan dan kesenangan saya itu dibayar. Bahkan bisa membesarkan modal bisnis fashion online saya. 😁

Semua orang bisa mendapatkan uang dari sesuatu yang dia senangi, asalkan dia tau cara mewujudkannya. Saya punya beberapa tips untuk teman-teman yang ingin hobi, bakat, ataupun kreatifitasnya menghasilkan uang. Berikut caranya;

  1. Identifikasi Bakat/Hobi/Kreatifitas/Kesenangan. Biasanya seseorang itu sulit menentukan tujuan hidupnya karena tidak bisa mengenali dirinya sendiri. Setiap orang pasti mempunyai sesuatu yang bisa dia hasilkan, kamu tinggal cari saja hal yang bisa membuat kamu senang mengerjakan suatu hal. Misalnya, kamu senang mengambil foto pemandangan yang indah di smartphone kamu, berarti kamu mempunyai ketertarikan di dunia fotografi. Jika kamu tertarik  dengan programming, seperti web design, design grafis, berarti kamu bisa menjadi seorang programmer.
  2. Belajar dengan Ahlinya. Jika ingin mengembangkan bakat ataupun hobi berarti siap untuk terus belajar dan berkembang. Misalnya kamu ingin menjadi seorang programmer, maka sebaiknya kamu mengambil kelas belajar programming. Untuk belajar kelas programming, kamu bisa memilih Sanger Learning sebagai tempat kamu belajar. Tak hanya itu, Sanger Learning juga bisa menjadi pilihan kamu kursus komputer di Medan  .

    Gambar : www.sangerlearning.com
  3. Konsisten. Kunci dari menjalani kesuksesan adalah konsisten. Tentunya merintis butuh pejuangan. Ada proses yang harus kita lewati dengan sabar. So, jalani saja dulu hobimu, nikmati prosesnya, uang itu hanya bonus.
  4. Bergabung dengan Komunitas. Bersilaturahim itu memperpanjang rezeki, begitulah yang Rasulullah katakan. Tentunya teman yang baik itu adalah rezeki. Selain ajang saling berbagi, bergabung di komunitas juga  bisa saling menginspirasi dan saling memberikan semangat. Sekarang kan sudah banyak  kok komunitas-komunitas yang keren di sosial media. Contoh kecilnya, jika kamu seorang perempuan yang tertarik di dunia blogging, kamu bisa bergabung di komunitas perempuan seperti Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Medan, Medan Beauty Blogger, Mom Blogger Community, dll.
  5. Bertanggung Jawab. Walaupun kita sedang menjalani hobi yang notabene adalah hal-hal yang kita senangi, kita harus tanggung jawab ya terhadap karya yang kita buat. Bertanggung jawab yang saya maksud seperti; karya kita bukanlah hasil karya orang lain yang kita klaim sebagai karya kita (plagiat) dan tentunya tidak menyinggung dan mengandung SARA.
  6. Show Up. Ketika hobi kamu sudah kamu geluti secara profesional, kini saatnya kamu menjadikannya bisnis yang menjanjikan. Menjadi seorang pebisnis di era digital seperti sekarang ini sangatlah mudah. Kamu tinggal buat akun bisnismu, promosikan lewat sosial media, serta pahami bagaimana memaksimalkan pemanfaatannya. Kini Saatnya bangun bisnismu!

Enam tips diatas hanya sekelumit cara untuk merealisasikan hobi menjadi sebuah bisnis. Yang perlu kita ingat, hobi itu adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Tujuan kita adalah bahagia. Mendapatkan uang dari hasil menjalankannya adalah bonus. Semoga bermanfaat🙏

Tulisan ini didesikasikan untuk lomba blog Sanger Learning. #sangerlearningblogcompetition

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *