Cara Mudah Menyapih Anak

Saya banyak dengar tentang drama para bunda yang sedang menyapih anaknya. Awalnya saya juga sempat takut, gimana nanti ya Nusaibah (anak pertama saya, 1y8m) lepas ASI?
Alhamdulillah, saya diberi amanah kedua oleh Allah saat Nusaibah berumur 1 tahun. Sejak kehamilan yang kedua, saya udah kasitau Nusaibah bahwa di perut bunda nya udah ada calon adiknya, dan nanti ketika adiknya lahir, ASI nya untuk adiknya. Dan Nusaibah selalu meng-iya kan.
Dan sejak saat itu juga, saya langsung cari tau segala hal tentang menyusui selagi hamil. Alhamdulillah dari semua referensi, selagi saya nya kuat dan nutrisi terpenuhi, saya masih boleh tetap menyusui.
Namun saat itu ada sedikit kekhawatiran, bagaimana jika saya tidak kuat, atau bagaimana nanti saat adiknya lahir.
Ternyata kekhawatiran saya itu benar, lebaran Idul Fitri 1439 H, Tepatnya Juni 2018, saya terlalu letih. Dengan kehamilan 6 menuju 7bulan, saya mudik dengan perjalanan bus dan aktifitas yang padat luar biasa. Diperjalanan pulang ke rumah, badan saya kram dan akhirnya saya tak sanggup memberikan ASI untuk Nusaibah.
Sejak saat itu, badan saya selalu kram ketika memberi ASI, dan saya memutuskan untuk memberhentikan ASI untuk Nusaibah. Jadi, ketika Nusaibah minta ASI, saya selalu bilang “ASI nya untuk adek kan nak?” sembari mengalihkan perhatiannya dari ASI. Alhamdulillah Nusaibah jawab “Iya, untuk Adek” dan dia pun berhenti untuk meminta ASI.
Nah, dari cerita singkat pengalaman saya itu, saya akan rangkum tips agar mudah menyapih anak.
1. Sugesti anak sejak umur 1tahun.
Katakan pada anak, “Nak, ASI untuk adek ini hanya 2 tahun jatahnya ya nak, nanti kalau usia adek udah 2tahun udah gak boleh ASI lagi ya nak”
2. Alihkan perhatian anak dari ASI.
Ketika sudah berusia 2tahun, saat anak meminta ASI, alihkan perhatiannya dengan hal-hal yang ia senangi. Apakah bermain, menonton, atau makan makanan kesukaannya.
3. Selalu dampingi anak setiap ia meminta ASI. Sebab ketika menyapih, anak kehilangan momen berharga saat ASI, nah gantikan dengan momen kebersamaan yang lain.

Semoga bermanfaatšŸ¤—

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *