Oleh-Oleh Kekinian Khas Yogyakarta

Untuk kamu-kamu yang berjuang mencari nafkah di kota Jakarta, bagaimana kabarnya? Tahun 2018 sudah berjalan 4 bulan, tentunya masih semangat dong ya! Buat yang super sibuk mungkin sudah agak pusing ya dengan beban kerja, kamu butuh libur tipis-tipis untuk menghilangkan penat. Cukup cari destinasi wisata yang nggak terlalu jauh, dan juga nggak membebani dompetmu, yaitu kota  Yogyakarta.

Tahun 2014-2015 saya sempat kerja di Jakarta, namun belum sempat nih ke Yogyakarta. Pengennya sih nanti ama keluarga liburan kesana. Taulah ya, Yogya itu kota yang romantis. Selain destinasi wisatanya, kulinernya juga terkenal dengan khas dan harganya yang cukup murah. Hayuk buat kamu yang lagi di Jakarta, buruan rencanain deh buat refreshing ke Yogyakarta.

Selain mempersiapkan tiket pesawat Jakarta – Yogyakarta, jangan lupa rencanakan bujetmu selama disana dengan cermat biar nggak kehabisan uang sepulang liburan. Salah satu anggaran yang cukup menguras dompet apalagi kalau bukan oleh-oleh untuk keluarga, teman, dan rekan kerja. Pastikan dulu berapa yang harus kamu bayar untuk tiket ke Jogjakarta, lalu baru pikirkan cara membuat orang-orang terdekat senang dengan oleh oleh yang pasti mereka minta saat kamu memberitahukan rencana liburan tipis-tipis ini.

Berikut beberapa tips oleh-oleh yang sudah menjadi primadona bagi pelancong yang datang ke Yogyakarta yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa pulang nanti.

 

Bakpia Kencana

sumber: pesonanusantara

Salah satu kuliner khas Yogyakarta yang sering dijadikan buah tangan adalah bakpia pathok. Kini, kamu bisa membeli jenis bakpia lainnya yang dinamai Bakpia Kencana. Bukan hanya berisi kacang hijau, ada juga pilihan rasa lainnya seperti keju, cokelat, green tea, hingga ubi ungu.

Selain ukurannya yang lebih besar, teksturnya pun lebih lembut dengan rasa yang nggak kalah lezatnya. Dapatkan di beberapa outlet yang tersebar di Yogyakarta, seperti Jalan Wates km 6, Jalan Magelang, dan Jalan Adisucipto.

 

Bakpiapia

sumber: bakpiapia

Pia yang satu ini punya tampilan dan rasa yang jauh berbeda. Bakpiapia punya varian rasa gurih seperti abon, broccoli cheese, peda ijo, dan tuna pedas. Kelezatannya nggak perlu ditanyakan lagi. Bisa dibilang tiket pesawat Jakarta – Yogyakarta sering habis diborong pelancong hanya karena ingin menikmati kuliner kekinian ini.

 

Mamahke Jogja

sumber : Tokopedia

Sebagai kota wisata, Yogyakarta dibidik oleh para artis ibukota yang ingin menjajakan oleh-oleh kekinian. Salah satunya Mamahke Jogja yang dikelola Zaskia Mecca. Saking populernya, untuk mendapatkan perpaduan puff pastry dan bolu lembut ini, kamu harus rela antri panjang. Buat yang penasaran, datang saja ke jalan Taman KT 1/329, untuk mendapatkan varian rasa tiramisu, double chocolate, green tea, keju, red velvet, dan choco banana.

 

Gudeg Kaleng

sumber: gudegkalengku

Liburan ke Yogyakarta kurang sip kalau belum mencicipi gudeg. Ingin deh membawa kuliner lezat ini kembali ke Jakarta, tapi takut basi. Kamu bisa membawanya dengan cara yang lebih praktis, salah satunya dikemas dalam kaleng.

Dijual di Warung Gudeg Bu Lies yang ada di Jalan Wijilan nomer 5, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, dalam kaleng tersebut sudah berisi menu gudeg lengkap mulai dari nangka muda, telur, krecek, daging ayam kampung, kacang tolo, hingga sambal. Dibanderol dengan harga mulai Rp25 hingga 40 ribu, cukup terjangkau, kan?

 

Kerajinan Kulit di Desa Manding

sumber: travel.tribunnews

Kalau di Bandung ada kawasan Dikutra dan Cibaduyut yang merupakan sentra produksi kerajinan kulit, maka di Yogyakarta ada Desa Manding. Berlokasi di Jalan Doktor Wahidin Sudirohusudo, Sabdodadi, Kecamatan Bantul, kamu bisa mencari produk berbahan kulit seperti sepatu, tas, hingga jaket kulit. Selain itu, kamu juga bisa membuat dengan desain sendiri yang bisa dihadiahkan untuk orang yang spesial.

Bila bujet kamu terbatas, liburan di Yogyakarta bisa pasti tetap berkesan kok. Mencari oleh-oleh yang sudah disebutkan diatas tadi saja sudah menjadi petualangan tersendiri loh! Coba lihat kalender kamu lagi, untuk kamu yang tidak punya agenda padat masih ada sisa long weekend dan libur panjang di tahun 2018 ini kan? Bagaimana kalau kau berlibur ke Yogyakarta saja tahun ini? Mau ajak-ajak sahabat atau rekan kerja boleh saja, tinggal cari tiket pesawat Jakarta – Yogyakarta di tanggal liburan yang kalian sepakati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *