3 Alasan Mengapa Ummat Muslim Harus Menulis

Maraknya konten yang tidak baik di internet saat ini membuat kita resah, terutama para orang tua saat ini. Internet terlihat lebih banyak dampak negatifnya dari pada positifnya. Hal ini dibuktikan dari hasil pencarian kata kunci di google. Banyak sekali foto tidak senonoh ketika kita mencari kata ‘anak sekolah, anak SD, anak SMP, anak SMA, dll.

Melihat fenomena ini, saya ingin mengajak kita semua untuk membuat konten yang baik di internet. Sayang sekali jikalau kita adalah orang yang bisa memberikan pengaruh kepada orang lain tidak memanfaatkan kesempatan ini. Orang yang pintar itu, tulisannya harus ada, orang solih itu tulisannya harus terus dibagikan, dan orang yang baik itu, harus mengajak orang lain kejalan yang baik lewat tulisannya.

Berikut 3 alasan mengapa ummat Islam harus menulis;

  1. Menulis adalah pengikat ilmu. Manusia mempunyai batas kemamuan untuk bisa mengingat semua ilmu yang ia dapatkan, ketika kita mendapatkan sebuah ilmu, maka tuliskanlah, maka InsyaAllah ketika kita lupa, kita bisa membuka catatan kembali. Imam Syafi’i mengatakan,

    “Ilmu laksana hewan buruan, dan tulisan adalah pengikatnya” Imam Syafi,i

  2. Menulis untuk sebuah sejarah. Kita tidak akan tau bagaimana kisah perjuangan para Nabi, para ulama, dan pahlawan bangsa jika tidak ada sejarah yang tercatat. Maka tugas kita saat ini adalah merekam jejak kita untuk generasi masa depan. Dan yang terpenting adalah mari ciptakan sejarah yang baik dan menuliskannya.

    “Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati. Ia baru saja memperpanjang umurnya lagi” Helvy Tiana Rosa

  3. Menulis sebaggai media dakwah. Dakwah adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim. Di zaman digital seperti saat ini, mari kita manfaatkan momen ini untuk aktifitas dakwah. Alhamdulillah sudah banyak sekarang website dakwah yang mudah kita akses di internet. Tidak sedikit pula akun sosial media yang berisikan ceramah para ulama yang telah dibagikan. Dakwah saat ini tak hanya lewat mimbar, namun lewat tulisan juga bisa lebih banyak dikonsumsi banyak orang.

    “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. [Imam Al-Ghazali]

    Kita sebagai ummat muslim haruslah kuat dengan media sendiri, kita tidak bisa mengharapkan media mainstreem saat ini untuk bisa mendukung aktifitas dakwah kita. Untuk itu mari ciptakan konten yang baik, untuk kehidupan kita yang lebih baik, untuk islam yang lebih baik.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *