Agar Anak tak Mudah Sakit

Agar anak tak mudah sakit
Paling hancur deh hati kalau anak sakit. Rasanya pingin tukeran aja, biar emaknya aja yang ngerasain sakitnya. Anak kita ceria aja. Apalagi anaknya masih balita, atau bahkan masih bayi, haduh gak tau apanya yang sakit, bawaan anak nangis melulu dan lesu banget kelihatannya. Isak tangisnya yang sendu rasanya buat ibu tak tega. Ingin rasanya kita saja yang merasakan sakit yang dirasakan anak.

Semoga kita selalu Allah berikan kesehatan dan selalu Allah lindungi, Aamiin.
Sebagai ibu muda, Alhamdulillah saya punya tips agar anak tak mudah sakit;
1. Selalu mendoakan anak.
Mendoakan anak tidak hanya sehabis sholat saja, namun setiap apapun kegiatan anak, mari doakan anak. Contoh, saat mau mandi, bacakan doa sebelum mandi, sebelum makan bacakan doa sebelum makan, sebelum tidur bacakan doa sebelum tidur, dll.
Sakit, sehat, Allah yang punya, untuk itu tiada penyembuh melainkan kesembuhan dari Allah, maka berdoalah.

2. Jemur anak di pagi hari.
Jemurnya jangan di jempuran loh ya bun.. 😂. Matahari pagi sangat baik untuk kesehatan, baik itu vitamnin untuk tulang, kulit, maupun daya tahan tubuh. Sebaiknya menjemur anak dari jam 7-10 pagi, matahari nya masih matahari sehat.
Anak yang terkena matahari pagi Insyaallah akan lebih sehat ya bunda, jadi yuk tiap pagi biasakan berjemur dengan anak sambil bermain dengannya.

3. Jangan buru-buru ke dokter/bidan.
Bunda, anak sakit itu tak harus langsung dibawa ke dokter. Analisis dulu, kira-kira apa yang menyebabkan anak sakit, kalau karena rasa alergi, bisa diberikan minyak herbal. Atau kalau karena dehidrasi, berikan ia minum asi atau air putih yang hangat, bila ia demam, jangan selimuti anak, lepaskan bajunya, baluri badannya dengan minyak zaitun atau obat alami lainnya.

4. Jangan panik, banyak baca dan banyak tanya.
Jika anak sakit, jangan langsung panik ya bunda. Yang pertama harus kita lakukan adalah baca di buku atau di google mengenai ciri-ciri yang anak anda rasakan.
Yang kedua, banyak tanya kepada orang tua, saudara, tetangga, teman atau yang sudah mempunyai pengalamam mengurus anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *