Pernikahan Terkendala Izin Orang Tua? Berikut Tipsnya

Kak, Saya pingin nikah, tapi orang tua belum ngasih izin,  gimana caranya ya?

Sering sekali saya mendengarkan curhatan seperti itu dari beberapa junior dan beberapa teman. Disaat anak muda ingin memilih jalan yang sesuai syariat malah terhalang dari izin orang tua.

Yang perlu kita pahami adalah, orang tua bukan tidak memberikan izin, hanya saja ia masih belum yakin bahwa anaknya sudah bisa menjalani bahtera rumah tangga. Orang tua kita yang sudah lebih terdahulu merasakan manis pahitnya kehidupan pernikahan, mungkin khawatir anak yang dulunya masih ia timang kini akan menjalani kehidupan sendiri.

Untuk itu, kita sebagai anak sebaiknya menunjukkan beberapa cara yang jitu untuk membujuk orang tua.  Berikut tips nya;

  1. Mengajak orang tua ke majelis ilmu agama. Cara ini menurut saya paling ampuh untuk memberikan pemahaman kepada orang tua bahwa menikah muda itu baik, daripada menyia-nyiakan masa muda dengan pacaran yang banyak mudharatnya.
  2. Menunjukkan mental yang siap untuk menikah (Kedewasaan). Kedewasaan ini dilihat dari berbagai aspek,  mulai dari akhlak, sifat, sikap seperti tutur berbicara kepada orang lain, membuat keputusan, sampai kepada hal-hal yang berurusan dengan rumah tangga.
  3. Menunjukkan kesiapan dari segi pekerjaan rumah. Kalau bangun pagi saja kamu mesti dibanguni orang tua, bagaimana kamu mau membangun bahtera rumah tangga? Biasakan diri untuk bangun pagi dan membantu pekerjaan orang tua di rumah.
  4. Memiliki pekerjaan (bagi laki-laki) . Laki-laki yang menikah berarti menjadi kepala rumah tangga. Semua kebutuhan istri dan anak adalah tanggung jawabmu. Mulai dari pangan, sandang, dan papan. Untuk itu pekerjaan sangatlah penting. Untuk persiapan menafkahi keluarga kelak.
  5. Buktikan kesiapanmu dengan tabungan pribadi (bagi laki-laki). Ketika kamu menghadap orang tuamu dengan membawa modal tabungan pribadi yang kamu kumpulkan dari hasil keringatmu, hal itu akan membuat orang tuamu yakin bahwa kamu benar-benar ingin serius menikah.
  6. Doa. Cara paling ampuh adalah doa. Sebab Allah lah yang paling mempunyai kuasa atas segalanya, baik materi, pekerjaan, bahkan izin orang tua juga atas kuasa Allah. Untuk itu mintalah kepada Allah, mudah-mudahan dengan niat meminta RidhoNya,  Allah memudahkan jalan menuju pernikahan.

Karena apapun alasannya, “Menikah dan halal itu adalah pilihan terbaik dan hanya satu-satunya jalan yang paling baik.

Orang tua kita adalah orang yang paling peduli akan kehidupan kita, untuk itu mintalah restu orang tua dengan cara yang paling sopan, tanpa menyakiti hatinya, dan penuh keyakinan bahwa setelah menikah, tidak akan berkurang sedikitpun rasa sayang kita kepada mereka. Buktikan bahwa kelak setelah mendapatkan restu, doa kita tidak terputus untuk mereka.

 

7 comments

    • jannahta Post authorReply

      Hahaha komen kakak susah kali dimengerti ni kak, ambigu kali.. Hehe

    • jannahta Post authorReply

      Kalau dlm syariat, wajib nikah kalau udah bisa ngasih nafkah dsn tempat tinggal untuk hari ini aja lim, untuk besok dicari besok lagi, hehe..

      Gak mesti tetap, yang penting bisa ngasilin duit, dah bs tu lim, skrg pun freelance nya yang banyak duitnya kan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *