Pentingnya Loyalitas dalam Berorganisasi

Organisasi  adalah hal yang sangat penting penting bagi mahasiswa. Mengapa tidak, Rektor IAIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Nur Ahmad Fadhil Lubis, pernah mengatakan bahwa mahasiswa itu akan 100 % sukses jika sukses di 4 hal, yaitu Kuliah (25%), Kelompok belajar pendukung kuliah (25%), Organisasi (25%), dan berbaur pada masyarakat (25%). Sebegitu pentingnya organisasi sampai-sampai mempunyai persentase yang sama dengan kuliah. Saya sepakat dengan rektor ini, bahwa organisasi itu sama pentingnya dengan kuliah. Mengapa tidak, apa yang saya dapatkan di kuliah, tidak saya dapatkan di organisasi. Yang saya dapatkan di organisasi tidak saya dapatkan di kuliah.

Nah, ketika sudah di organisasi, pastinya tidak sedikit masalah yang ditemui. Dan ini bukanlah hal yang harus dipermasalahkan. Masalah yang ada pada organisasi adalah proses pembelajaran dan proses pendewasaan diri.

Ada Beberapa penyebab adanya masalah di organisasi:

  1. Perubahan Pimpinan
  2. Peraturan baru dari pimpinan baru
  3. Pemberian reward yang baru
  4. Keanekaragaman tingkah anggota
  5. Perubahan perilaku anggota
  6. Keuangan yang minim
  7. Banyaknya agenda dan progja organisasi
  8. Deadline
  9. Tidak bisa membagi waktu
  10. Hasil kerja anggota yang tidak memuaskan

Nah, biasanya kesepuluh masalah ini selalu ada muncul pada sebuah organisasi. Dan pada tiap organisasi pasti mempunyai cara yang berbeda dalam menyelesaikannya. Hasilnya, suasana dan kondisi dari efek masalah ini pun berbeda nantinya.

Yang paling pertama sekali kita lakukan adalah, jangan gegabah, apapun masalahnya, diselesaikan secara bersama dengan bermusyawarah demi mencapai mufakat. Ada berbagai cara untuk menghindari masalah di organisasi, yakni,

  1. Mendukung Progja Pimpinan
  2. Mau Mencoba Hal Baru
  3. Berpendidikan
  4. Bertanggung jawab
  5. Mengerti dan Memahami
  6. Keikutsertaan dan keterlibatan
  7. Komunikasi
  8. Terbuka
  9. Negoisasi dan Keringanan
  10. Loyalitas

Nah, saya tertarik dengan poin J, Loyalitas. Loyalitas atau Kesetiaan adalah kualitas yang menyebabkan kita TIDAK mengharapkan sesuatu. Berbuat dan melalukan sesuatu apapun untuk organisasi tanpa keluhan dan tanpa mengharapkan dapat imbalan. Sebab loyalitas itu bersifat emosional, menentukan kualitas perasaan kita terhadap  organisasi , dan perasaan yang tidak selalu membutuhkan penjelasan rasional.

Nah, ketika kita melakukan apa saja demi organisasi kita, dan kita tidak tahu pasti mengapa kita lakukan itu semua, maka irtulah yang dinamakan loyal. Tapi ketika kita berpikir, “ah, untuk apa aku lakukan ini?, sedangkan teman-temanku yang lain tidak? Ah, aku capek ngerjain ini. Bla-bla-bla” maka inilah yagn dinamakan tidak loyal terhadap organisasi.

Maka saatnya kita untuk berlatih loyal terhadap organisasi kita masing-masing.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *